Pages

DINAMO SEPEDA

Kamis, 09 Agustus 2012
DINAMO SEPEDA
Dinamo Sepeda. Masih teringat ketika aku masih duduk di bangku sekolah SD, pada waktu malam hari aku melihat seseorang yang mengendarai sepeda dan sepeda tersebut mempunyai lampu di depan setirnya. Wah betapa takjubnya aku ketika itu.
Namun saat ini aku harus tahu mengapa itu bisa terjadi, sepeda punya lampu, bagiamana itu bisa terjadi ?
Ternyata sepeda itu harus mempunyai sumber listrik untuk menyalakan lampu, namun sumber arus listrik itu bukan berasal dari baterai tetapi dari dinamo.

Dinamo sepeda merupakan generator kecil yang dapat menghasilkan arus listrik yang kecil pula. pada Dinamo sepeda prinsip kerjanya yaitu energi gerak di ubah menjadi energi listrik .Dinamo sepeda ini hanya menyalakan lampu depan dan belakang terangnnya lampu di tentukan oleh cepatnya roda berputar. Bila roda berputar cepat maka putaran dinamo juga akan menjadi cepat sehingga arus listrik yang dihasilkan akan menjadi besar pula .

Pada dinamo sepeda terdapat sebuah magnet yang dapat berputar dan sebuah kumparan tetap. Bila roda sepeda di putar dan pada dinamo akan memutar sehingga roda akan memutar magnet biasanya dinamo dapat menghasilkan tegangan 6 sampai 12 Volt. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar