Pages

Mengenal Registry

Sabtu, 08 September 2012

Registry pada dasarnya adalah database tunggal yang terbuat dari cabang – cabang utama yang disebut “hives” dan berisi “keys”. Setiap keys akan berisi “subkeys”.
Keys mengandung value yang mungkin berupa deretan angkan, binar atau angka 4 byte. Sebagai contoh, susunan warna yang sekarang tampil di desktop dibuat dalam bentuk deretan subkey dari control panel yang disebut “Color Schemes”.
Penjelasan sub-tree registry
Banyak teknis di seputar registry. Tapi jika anda membaca sejenak pengertian dari istilah-istilah tersebut, anda akan bisa memahaminya.
  • Hives
Registry terbagi menjadi cabang utama yang disebut Hives. Masing-masing cabang utama mempunyai nama yang dimulai dengan HKEY, yang juga disebut root key, mengandung sekumpulan informasi tentang sistem komputer Anda.
Cabang-cabang ini mengandung sub-key, yang juga bisa terdiri dari sub-keys lain dan akan berakhir dengan key yang mengandung setumpuk informasi tertentu menyangkut aspek-aspek sistem komputer, seperti tampilan font di dokumen atau ikon desktop. Berikut ini adalah cabang utama pada registry.
  • HKEY_CLASSES_ROOT
Cabang ini berisi informasi tentang OLE (object linking and embedding), yaitu shortcut yang ada di windows serta keys lain yang menjadi bagian dari sistem operasi. Jangan pernah membuka atau mengutak atiknya.
  • HKEY_USER
Pada cabang ini, anda akan menemukan informasi tentang semua pengguna komputer. Masing-masing pengguna mempunyai setting tersendiri, baik itu fitur maupun tampilan desktop.
  • HKEY_CURRENT_USER
Ini merupakan link ke bagian HKEY_USER yang memuat data tentang pengguna; key yang membentuk kapan pun anda mencatatkannya pada komputer, seperti informasi, hal-hal lain, pengaturan Control Panel, tata letak kibor, dan setelan software dari pengguna.
  • HKEY_LOCAL_MACHINE
Anda akan menemukan informasi tentang software, hardware, dan pretensi anda. Informasi di sini bisa diakses oleh semua pengguna.
  • HKEY_CURRENT_CONFIG
Pada cabang ini akan ada informasi profil hardware yang terinstall di sistem komputer, seperti jumlah memori dari kapasitas harddisk.
  • Jenis Data
Setiap key selalu berisi value. Namun jenis value ini berbeda-beda. Biasanya berupa angka namun dengan bentuk yang berbeda-beda. Di sini kami jelaskan tentang jenis-jenis data tersebut.
  • REG_BINARY
Informasi hardware disimpan dalam bentuk angka binary. REGEDIT memperlihatkan data ini dalam format hexadesimal (angka binary bekerja ke base 2, hex ke base 16. Angka-angka ini lebih dipahami oleh pengguna komputer).
  • REG_DWORD
Datanya berisi angka 4 byte. Sering muncul dalam bentuk value Boolean. Secara matematis, Boolean didasarkan pada opsi benar atau salah, bukan pada value berupa susunan angka (1 sama dengan benar dan 0 sama dengan salah). Jadi, pada saat mengeset, anda bisa
memasukkan perintah seperti on dengan memasukkan angka 1 dan off dengan memasukkan angka 0.
  • REG_EXPAND_SZ
Ini dikenal sebagai string data yang bisa ditamah dan hanya bisa diedit dengan REGEDIT 32. Variabel ini bisa digantikan dengan value baru jika ada sejumlah tindakan baru.
  • REG_MULTI_SZ & REG_SZ
String tunggal atau Multi disimpan dalam jenis value seperti ini. Sangat mudah di mengerti karena perintahnya tampil dalam teks bahasa Inggris. Sebagai contoh dalam folder Paint Shoop Pro, key “Browser Dir” berisi value mengenai posisi folder dokumen saat anda terakhis menggunakan aplikasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar