Pages

Penjualan Meningkat, BlackBerry Tetap Menderita Kerugian Hingga 840 Miliar

Kamis, 04 Juli 2013
Kabar mengejutkan datang dari perusahaan smartphone asal Kanada yaitu BlackBerry. Dalam laporan keuangan terakhir, BlackBerry dikabarkan menderita kerugian cukup besar walaupun penjualan smartphone BlackBerry meningkat.
Jumlah kerugian yang diderita oleh BlackBerry mencapai 84 juta US Dollar atau sekitar 840 miliar rupiah. CEO BlackBerry Thorsten Heins mengatakan bahwa mereka masih cukup percaya diri walaupun harus menerima kenyataan ketika BlackBerry masih belum bisa menghasilkan laba.
Optimisnya Heins tersebut tidak lepas dari performa perusahaan pada tahun lalu yang mengalami kerugian lebih parah dibandingkan periode yang sama tahun ini. Sebagai catatan, tahun lalu, BlackBerry menderita kerugian sekitar 514 juta US Dollar atau sekitar 5.14 triliun jika dikonversikan ke rupiah.
Sedangkan pada tahun ini, angka penjualan smartphone BlackBerry meningkat dengan kehadiran smartphone BlackBerry 10 seperti BB Z10 dan BBQ10. Angka pendapatan perusahaan juga meningkat dari 2.7 miliar US Dollar atau sekitar 27 triliun menjadi 3.1 miliar US Dollar atau setara 31 triliun rupiah.
Jika dilihat dari perbandingan itu, BlackBerry sebenarnya sudah berada dalam posisi yang benar dengan mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan kerugian yang diderita turun drastis. Namun hal itu saja tidak cukup jika melihat persaingan dengan beberapa rival seperti Apple dan Samsung.
Bisa jadi BlackBerry akan kembali mencatatkan keuntungan jika saja mereka berani merilis smartphone BlackBerry 10 lebih murah di kisaran 2 sampai 3 jutaan dan lebih terjangkau oleh konsumen dan laris manis di pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar